Friday, February 26, 2010

Oji2- Buat Film sekelas Avatar...? (bisa nga ya....?)

Avatar adalah film fiksi ilmiah 3-D yang disutradarai oleh James Cameron. Film ini dirilis pada 16 Desember 2009[1][4] oleh 20th Century Fox. nonton film ini seolah kita berada di dunia lain, dunia yang penuh keindahan yang sebelumnya belum kita jumpai Film ini berkisah mengenai konflik di dunia yang bernama Pandora, di saat manusia dan penduduk asli Pandora terlibat dalam perang, wah film ini emang film yang luar biasa saya sampai tak henti hentinya berdecak di sepanjang pemutaran film, nggak kebayang bagaiman film ini dibuat, sekilas saja kita bisa menerka pasti pembuatannya sangat rumit, dan memang setelah saya baca beberapa artikel tentang film ini ternyata pembuatannya memakan waktu sekitar 10 tahun bahkan bisa lebih jika dihitung dari pembuatan cerita film ini, sedangkan proses produksinya sendiri memakan waktu 3 tahun, gilaaaa......  memang si James Cameron tidak pernah tanggung-tanggung dalam berkarya.


Kebetulan di Quantum Studio tempat aku bekerja saat ini sedang menggaraf lanjutan film Oji yang berjudul
The Radio, tanpa sadar kami semua ter-insfirasi oleh film Avatar ini, wah pokonya setiap bicara masalah film pasti film Avatar ini selalu dijadikan standar, tapi masalahnya ternyata tidak semudah membalikan tangan, begitu banyak perbedaan kondisi antara kami dengan kru film Avatar, ya.. kasarnya peralatan kita sangat jauh berbeda dengan peralatan kelas dunia seperti kru film Avatar, trus gima dong....itu pertayaan yang ada dibenak ku,  wah jangan bilang orang indonesia klo gak banyak akal...hehehehe walaupun kesulitan setinggi gunung gede, pasti bisa kita akali.... tenang aja kita pasti bisa, pikirku menghibur diri, yang jelas proses pembuatan story udah kelar, lumayanlah scripnya hapir setebal kamus bahasa inggris dan storyboardnya diperkirakan 700 lembar.....???? hehehe asyikan bikin gambar sampai 700 halaman......kecil ......paling juga rambut pada rontok hahahahahah....!!!! gak deng bercanda.....

 pet, trenggiling, kangguru, charly, beo, Oji
 proforsi karakter film OJI 2

Bend, orang utan, sipanse,ed dan spoty
Propoforsi karakter pemeran OJI 2

Alhamdulillah sampai hari ini kita sudah sampai pada tahap Modelling, beberapa karakter utama malah sudah jadi walaupun masih tanpa textur, dan 2 minggu yang lalu kami semua kru OJI2 mengadakan penelitian lapangan untuk menentukan jenis tanaman apa saja yang akan dipakai sekaligus menentukan Colour key background ke daerah Ci widey, Puntang dan Dago pakar, study karakter para pemeran oji juga sudah di jadwalkan, rencananya ke kebun binatang atau ketaman sari selain kita cari referensi dari kepingan CD dan browsing di internet, wuaaaaahhhh pokonya masih buanyaaaaaaak buanget yang harus dilakukan, yah memang rencana pembuatan film ini diperkirakan akan memakan waktu minimal 2 tahun bahkan bisa sampai 2 tahun setengah. dibawah ini beberapa konsep rumah para pemeran OJI 2.

 
konsep rumah OJI 2


konsep rumah si PETT tapir

konsep rumah si Charly kakatua

wuihh capek emang, apa lagi harus menggabar storyboard sebanyak 700 lembar walau menggambar itu sudah menjadi hobi saya sejak kecil, tapi kalau harus menggambar 700 lembar BT juga sih hehehehe, ya gitu deh memang ternyata bikin film animasi itu tidak gampang,apalagi sekelas Avatar.........#*#*$#(.
ok malam ini pa Davi yang menytradarai film OJI 2 bersama kru story board lagi sibuk mengurusi masalah texturing karakter dan lagi nyari color key yang tepat buat backgroud 3d juga mate, sedang aku yang ngelead bagian story board malah sibuk posting di blog 3donesia yang sedang anda baca ini.....heheehehe.....?????
sssssstttt..... abis bt menggambar terus, sedangkan Jahid, Teku dan yang lain sibuk cari konsep rumah Oji yang lebih pas...... ahhhhhh gitulahhhh.....kadang bt rubah rubah terus...... heeeeeeghhhhh ....... huuuuuuuuaaaaaahhh wah kayaknya udah terlalu malam nih, ok deh sampai disini dulu deh postingnya, besok dilanjut lagi deh...
abis ngantuk buangetttttt niech.

aku saat baru pulang dari Ciwidey

wuahhhhhhhhhhh......kayanya udah pagi niech....... wuaaaaaa.....!!!!!!!!! ternyata udah jam 12 siang gila aku kesiangan......aduhh, gimana....??????
yaudah dari pada pusing mendingan aku terusin posting aja, ah EGP (emang gua pikirin).
tapi aku bingung mau nulis apa niehk, oh ya dari pada bingung mendingan kita kilas balik dulu yuk ke film OJI pertama yaitu berjudul OJI dan Duma....ehmmmm oya mendingan kita lihat dulu foto-foto waktu pemutaran OJI dan Duma di bioskop Blizt Mega Plex:

Pemutaran Perdana Film Oji Duma 2009

Erika dan Intan jadi pejaga loketerika, intan, Rudi, Muldi
Suasana antrian penontonPengunjung nonton bareng
Salah seorang dosen Webmasterdua orang master drawing
Foto bareng kru film Oji dan DumaDua Dosen Senior Movie Animasi
Trio Master animasi duduk barengAcara Tanya jawab
masih acara Tanya jawabBeberapa staff ikut mejeng
Penyerahan piagam penghargaanoleh bp H. Sonny Sugema MBA
Sambutan dari Dirut Qcollegebeberapa dosen dan staf berfose
    kang faseh sang sutradara  
Oji Duma 1
Bp ugih dosen 2d animasi (kanan)
Foto bareng para Kru sebelum pulang Foto bareng kru film Oji dan Duma
sambil memperlihatkan piagam

Ok.... beberapa foto kegiatan pemutaran perdana OJI dan Duma di Blizt Megaplex, acara di mulai sejak jam 2 siang sampai jam 7 malam, ternyata lumayan juga antusias penonton ketika film mulai di putar walau durasinya masih bisa dibilang sangat pendek dan untungnya acara ini juga bekerja sama dengan studio lain yaitu Studio Kojo Anima hingga pemutaran film jadi lebih panjang, walau begitu, tak sedikit sih yang berpendapat miring terhadap hasil karya kami, tapi tak apa memang tak semua bisa menghargai hasil karya orang lain, padahal tidaklah mudah menghasilkan karya animasi yang berkualitas dengan fasilitas yang seadanya dan biaya yang alakadarnya, ya uang puluhan juta rupiah dalam pembuatan film animasi itu bisa disebut alakadarnya, karena biasanya untuk memproduksi sebuah film animasi kita memerlukan biaya ratusan bahkan milyaran rupiah......!!!!!! hmmm kebayangkan......betapa beratnya perjalanan kami. 
ok pada posting berikutnya akan saya jelaskan bagaimana suka dukanya membuat film animasi, apalagi tanpa dukungan dari pihak manapun termasuk pemerintah......

bersambung.............!!!!!!!


No comments:

Post a Comment

ailahkan anda memberi komentar disini dengan bijaksana

Guestbook

My Blog List

  © Blogger template 'Ultimatum' by wallpapers 2008

Back to TOP